Ketua Komite I DPD RI Desak Polisi Usut Tuntas Pelaku Penganiayaan terhadap Jurnalis di Pringsewu

Ketua Komite I DPD RI Desak Polisi Usut Tuntas Pelaku Penganiayaan terhadap Jurnalis di Pringsewu

Bidik 86, Pringsewu
Senator Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) asal Aceh, Fachrul Razi, MIP, mengecam keras terjadinya tindak kekerasan dan pemukulan terhadap Jurnalis Lampung, yang dilakukan oleh Oknum Security SPBU di Pringsewu beberapa waktu lalu. Akibat pemukulan yang dilakukan secara tiba-tiba oleh Oknum bernama Hendri Wiliansa itu, mata kiri korban Aan Sugiarto, mengalami memar dan pendarahan di dalam bola matanya.
“Saya mengecam keras adanya warga yang suka main hakim sendiri, menggunakan kekerasan fisik terhadap orang lain. Itu merupakan bentuk perilaku barbar yang biadab,” tegas Fachrul Razi, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komite I DPD-RI, Minggu, 30 Mei 2021.
Terkait peristiwa pemukulan terhadap Aan Sugiarto (42) warga Tiuh Memon, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung itu, Fachrul mendesak Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Pringsewu, segera menindak tegas Oknum pelaku penganiayaan tersebut.
“Saya percaya, Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Listyo Sigit Prabowo dengan motto Presisi-nya, akan melaksanakan tugas dan kewenangannya melayani, melindungi dan mengayomi warga masyarakat dengan baik. Untuk kasus penganiayaan atas Aan Sugiarto itu, saya harap Kapolres Pringsewu peka dan bergerak cepat, mengusut tuntas dan memproses pelaku tersebut sebelum dia kabur,” ujar Fachrul Razi.
Sebagaimana ramai diberitakan dalam dua hari terakhir, seorang Pewarta yang bernaung di Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) atas nama Aan Sugianto, mengalami tindak kekerasan dan penganiayaan ketika sedang melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di sebuah SPBU, Kamis, 27 Mei 2021. Kejadian naas yang menimpa Aan Sugianto, berupa pemukulan dan hantaman di bagian kepala itu berlangsung tiba-tiba, pada saat korban masih berada di atas motornya, sedang mengantri untuk mengisi BBM.
Peristiwa yang menyebabkan mata sebelah kiri (bukan kanan seperti pemberitaan sebelumnya-red) korban memar dan bengkak itu, terjadi di SPBU 23.353.18 yang berlokasi di Jl. Ganjaran 2 Pagelaran, Kab. Pringsewu, Prov. Lampung, sekitar pukul 20.00 WIB. Pelaku tindak pidana kekerasan dan penganiayaan tersebut tidak lain adalah seorang Petugas Security atau Satuan Pengamanan (Satpam) SPBU bernama Hendri Wiliansa.
Kasus ini sudah dilaporkan ke Polres Pringsewu, dengan No. laporan: LP/B-317/V/2021/POLDA LPG/RES Pringsewu, tidak lama setelah kejadian.
“Korban penganiayaan Jurnalis PPWI Prov. Lampung atas nama Aan Sugiarto, didampingi Ketua LSM Topan RI Pringsewu, Asep Sudrajat, telah melapor ke Polres Pringsewu, tidak lama setelah kejadian tersebut, Kamis, 27 Mei 2021 malam,” tulis Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Team Operasional Penyelamatan Asset Negara (LSM Topan) RI Pringsewu, Asep Sudrajat, dalam laporannya ke Ketua Umum (Ketum) PPWI di Jakarta, melalui jaringan WhatsApp (WA)-nya. (Red)