Proyek Rehabilitasi Saluran Drainase Dinas PUPR Karawang Diduga Asal-asalan

Proyek Rehabilitasi Saluran Drainase Dinas PUPR Karawang Diduga Asal-asalan

Bidik 86, Karawang
Pemkab Karawang, dalam hal ini Dinas PUPR, sedang gencar-gencarnya dalam hal pembangunan, salah satu contoh Rehabilitasi Saluran Drainase Lingkungan Normalisasi Drainase Jl. Cikalong Krasak, Ds. Cikalongsari.
Proyek dengan volume Panjang 127,20 m; UK: 0,60X0,60 (U-DITCH) itu, agar memperlancar fungsi saluran air dan meminimalisir terjadinya banjir.
Namun sayang, diduga proyek yang bersumber dari dana APBD Kab. Karawang tersebut, tidak sesuai spesifikasi. Teknis pekerjaannya pun terkesan asal-asalan alias amburadul, demikian hasil investigasi awak media, Jum’at, 26 Agustus 2021.
Proyek dengan Pelaksana CV. Cahaya Mutiara Pakis (CMP) dengan kontrak 60 hari kalender, tepatnya dari 16 Juni-14 Agustus 2021 itu, disinyalir tidak sesuai RAB.
Minimnya pengawasan dari pihak terkait, sehingga proyek dengan nilai Rp188.950.000,- tersebut, diperkirakan telah merugikan Negara.
Pantauan Pewarta di lapangan, ditemukan adanya beberapa keganjilan. diantaranya pemasangan U-DITCH, dalam hal ini terkait sambungannya, banyak yang retak atau pecah.
Tidak hanya itu, diduga saat pemasangan U-DITC, dasarnya tidak menggunakan sirtu atau pasir. Padahal, adanya tahanan dasar itu agar pemasangan menjadi rata.
Ironisnya lagi, pada sisinya tidak ada pemadatan. (Hen)